Seminar Nasional dan Bank Indonesia Kediri Award 2019

indonesiasatu, 16 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Kediri menggelar Seminar Nasional dan Penghargaan BI Kediri Award 2019, bertempat di Ballroom Tegowangi Hotel Grand Surya Jalan Dhoho Kota Kediri, Senen (16/12/2019) pagi. 

Mewakili Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Difi A.Johansyah (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur), hadir sebagai keynote speaker yang mengulas kondisi perekonomian Indonesia terkini dan tantangan pada tahun 2020.

Dengan tema 'Sinergi dan INOVASI Memacu Geliat Ekonomi Wilayah Selingkar Wilis' , penyelenggaraan seminar nasional tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan KPw BI Kediri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah eks- Karesidenan Kediri dan Madiun, khususnya pembangunan kawasan Selingkar Wilis yang merupakan proyek prioritas di Provinsi Jawa Timur. 

Proyek Selingkar Wilis merupakan konsep pembangunan terpadu dengan memaksimalkan potensi budaya dan ekonomi, terutama potensi agrowisata di kawasan Gunung Wilis, yang meliputi : Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ponorogo. 

Trase jalan dari proyek yang membentang sepanjang kurang lebih 235.524 km tersebut diharapkan dapat mempermudah mobilitas barang dan
jasa.

Dengan narasumber utama Emil E.Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus penggagas Selingkar Wilis dan Prof.Candra Fajri Ananda (Akademisi dan juga Anggota Badan Supervisi Bank Indonesia), seminar yang dimoderatori Tina Talisa (Praktisi Komunikasi) ini diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat akan strategisnya wilayah Selingkar Wilis.

Selain dari narasumber dimaksud, hadir juga beberapa kepala daerah yang dilibatkan dalam sesi diskusi untuk memberikan informasi berbagai langkah kongkrit serta masukan-masukan konstruktif terkait pengembangan kawasan Selingkar Wilis.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Musni Hardi Kasuma Atmaja, menyampaikan, beberapa penghargaan kepada mitra kerja terpilih KPw BI Kediri, sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang terjalin dengan sangat baik selama ini.

Adapun bentuk apresiasi dimaksud berupa penyerahan BI Kediri Award 2019 dengan kategori: 1.Mitra Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Terbaik, 2.Mitra Liaison Terbaik, 3.Mitra Pantauan Harga Terbaik, 4.Mitra Survei Pedagang Eceran (SPE) Terbaik.

Disusul kategori 5.Penyuplai Data Terbaik, 6.Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA) Terbaik, 7.Penyelenggara Elektronifikasi Transaksi Terbaik, 8.Mitra Pengelolaan Uang Rupiah Terbaik, 9.Klaster Terbaik dan 10.Rekanan Terbaik. 

Musni Hardi Kusuma Atmaja Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, mengharapkan, agar acara yang diselenggarakan dapat semakin memperat tali silaturahmi. 

"Sekaligus memberi manfaat seluas-luasnya dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga di wilayah eks-Karesidenan Kediri dan Madiun," harapnya. 

Terpisah, Emil E Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur didepan awak media mengucapkan, terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah menyelenggarakan seminar ini, menghadirkan seluruh elemen, instansi vertikal, akademisi dan BUMN Kota dan Kabupaten Kediri. 

Kita bersyukur bahwa Presiden telah menetapkan kawasan Selingkar Wilis dan Jalur Lintas Selatan sebagai salah satu dari 3 yang diikutsertakan dalam Perpres 80 tahun 2019. 

"Maka sekarang kita harus memastikan dalam RPJMN kawasan Selingkar Wilis ini juga ditetapkan sebagai kawasan yang strategis, kawasan yang mendapatkan akselerasi pembangunan. Karena dengan jumlah 13 Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk hampir 10 juta jiwa, memang kita butuh strategi holistic," ucapnya. 

Emil menegaskan, bahwa sesuai dengan Perpres 80 tahun 2019 yaitu selain ada bandara dan jalan tol dari Kertosono ke Kediri sampai dengan Tulungagung dan juga pembenahan jalan Selingkar Wilis  yang panjangnya 235 kilometer serta penutasan Jalur Lintas Selatan. 

Kalau tahun depan 2020 sudah dimulai maka jalan dari Tulungagung sampai ke Pelabuhan Prigi sampai ke Pacitan sampai ke Jogja itu sudah bisa dilalui. 

"Karena tahun ini jalan Kabupaten Trenggalek saat programnya menjadi Bupati Trenggalek dari Panggul ke Prigi sudah harus tuntas, tinggal Prigi ke Popohnya menggunakan pembangunan islamic developer bank. Maka Selingkar Wilis ini diapit oleh lintang selatan dan jalan tol Kertosono ke Ngawi,"beber Emil. 

Emil berharap dengan adanya bandara, pelabuhan, lintas Selatan dan jalan tol. Dengan begitu pengembangan kawasan juga jalan. Baik dari ekonomi, pariwisata, agrowisata ini yang perlu juga dilakukan pendekatan. 

Kedepannya kontribusi sektor-sektor  jasa dan perdagangan potensinya akan meningkat karena akses mobilitas yang tinggi sektor yang terdampak jasa dan perdagangan. 

Keberadaan jalan tol ini karena terkoneksi dengan Proyek Strategis Nasional maka dalam pengadaan tanah yang bisa dibantu oleh Lembaga Manajemen Aset Negara yang telah di lakukan saat ini. 

Sedangkan, terkait perkembangan Bandara Kediri pembebasan lahan dan tata ruang diharapkan bisa juga bisa berjalan dengan lancar dan Pemerintah Kabupaten Kediri kemarin sudah rapat dengan Menko Maritim bersama Bupati Kediri untuk mematangkan rencana tersebut, karena harapannya bahwa awal tahun 2020 sudah bisa dilakukan pembangunan. 

Ia menambahkan terkait hasil pertemuan dengan Menko Maritin bahwa kita harus segera memastikan penetapan lokasinya dan rekom tata ruang Kementerian ATR sudah dibuka dan ada data yang diminta oleh DPRD Kediri itu juga sudah diserahkan menurut pihak badan usaha. 

"Selanjutnya untuk jalan tol ada keputusan terkait masa jalan tol yang kemudian ini akan ditindaklanjuti penetapan lokasi," ungkapnya.(prijo)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu